ASIAN GAMES 2018
Follow Us

ASIAN GAMES 2018

Asian Games adalah ajang olahraga yang diselenggarakan setiap 4 (Empat) tahun sekali dengan peserta nya atlet-atlet dari seluruh Negara di Asia. Asian Games pertama kali diselenggarakan dan di mulai pada tahun 1951. Perwakilan India, Guru Dutt Sondhi mengusulkan kepada para pemimpin kontingen dari negara-negara Asia untuk mengadakan Asian Games. Seluruh perwakilan tersebut menyetujui pembentukan Federasi Atletik Asia.

 

Asian Games pertama diadakan di Delhi, India, 4-11 Maret 1951. Diikuti 491 atlet dari 11 Komite Olimpiade Nasional (NOC) yakni Afghanistan, Burma, Ceylon/Sri Lanka, India, Indonesia, Iran, Jepang, Nepal, Filipina, Singapura, dan Thailand. Asian Games pertama ini secara resmi dibuka Presiden Rajendra Prasa di Stadion Nasional Dhyan Chand, dengan memperebutkan 169 medali emas dan mempertandingkan enam cabang olahraga: atletik, akuatik (renang, loncat indah, dan polo air), bola basket, balap sepeda (jalan raya dan trek), sepak bola, dan angkat besi.

 

Indonesia menjadi tuan rumah pada Asian Games 1962  yang ke-4 dan diselenggarakan di JakartaIndonesia dari tanggal 24 Agustus 1962 sampai 4 September 1962. Sebanyak 1.460 atlet dari 17 negara berpartisipasi untuk memperebutkan medali pada 15 cabang olahraga yang dipertandingkan, termasuk badminton yang dipertandingkan untuk pertama kalinya di ajang ini.

 

Indonesia kembali dipercaya sebagai tuan rumah penyelenggara Asian Games untuk kedua kalinya. Pada tahun ini Jakarta dan Palembang dijadikan sebagai kota utama penyelenggara kompetesi olahraga antarnegara di Asia ini. Pada Asian Games 2018 setidaknya terdapat 40 cabang olahraga (cabor) yang akan dipertandingkan. Dalam pertandingan tersebut diperkirakan akan ada 15.000 atlet yang berasal dari 45 negara peserta Asian Games 2018. Para atlet tersebut akan saling bersaing dalam memperebutkan 466 medali emas yang telah disiapkan.

 

Dengan dipercayakannya Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018, hal ini menunjukan bahwa kita dipercayai untuk memegang amanah besar ini dan mengulangi kesuksesan yang pernah kita raih sebelumnya. Kita harus menunjukan kepada dunia bahwa kita, Negara Republik Indonesia adalah negara yang meskipun memiliki banyak perbedaan tetapi memiliki rasa kesatuan yang kokoh di dalamnya. Mari kita kawal kelangsungan Asian Games 2018 dengan mendukung baik atlit yang bertandin dan panitia untuk mensukseskan Asian Games 2018.

 

 

 

Suria Nataadmadja & Associates Law Firm

Advocates & Legal Consultants