International Cooperatives Day
Follow Us

International Cooperatives Day

Hari Koperasi Internasional adalah hari yang diperingati setiap tahun pada Sabtu pertama di bulan Juli sejak tahun 1995. Tujuannya yaitu untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya tujuan dan sasaran koperasi serta untuk memperkuat dan memperluas kemitraan antara gerakan Koperasi internasional dan aktor-aktor lain, termasuk pemerintah, di tingkat lokal, nasional dan internasional. Untuk tahun ini tema yang diangkat adalah “Konsumsi dan Produksi Barang dan Jasa yang berkelanjutan”.

Pengertian koperasi berdasarkan Undang-Undang No.25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian menyebutkan bahwa koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan satu orang atau badan hukum koperasi yang kegiatannya berlandaskan prinsip koperasi dan sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berlandaskan azas kekeluargaan.

Dalam hal ini kemakmuran rakyat merupakan hal yang paling diutamakan bukan kesejahteraan perorangan saja. Koperasi pada intinya adalah pembentukan badan usaha yang bertujuan untuk menggalang modal dan kerja sama untuk mencapai tujuan anggota. Pembentukan badan usaha koperasi bertujuan untuk memenuhi kebutuhan barang dan jasa bagi para anggota, baik yang bersifat individual maupun kelompok.

Peran Koperasi dalam perekonomian kemajuan pembangunan koperasi di Indonesia, dapat ditinjau dari jumlah koperasi, jumlah anggota, kekayaan koperasi, dan banyaknya usaha. Secara umum, koperasi di Indonesia mengalami kemajuan yang sangat pesat.

Namun masih terdapat beberapa kendala untuk pengembangannya sebagai badan usaha. Peran koperasi di Indonesia sangatlah penting, dari pembuka pintu gerbang usaha kecil dan menengah, menciptakan masyarakat yang mandiri, penggerak perekonomian dan menciptakan pasar baru. Pemanfaatan koperasi secara maksimal dan optimal diharapkan akan menciptakan perekonomian nasional yang selaras dengan pertumbuhan koperasi tersebut.

Dengan kita memperingatkan hari koperasi dunia diharpkan nantinya kita bisa meningkatkan kualitas koperasi kita sehingga koperasi kita dapat bersaing dan mencapai tujuan utama yaitu membantu dalam membangun perekonomian masyarakat.

 

Suria Nataadmadja & Associates Law Firm

Advocates & Legal Consultants